MODEL DATA BERBASIS OBJEK

MODEL DATA BERBASIS OBJEK

         Model data dapat didefinisikan sebagai kumpulan perangkat konseptual untuk menggambarkan data, hubungan data, semantik data dan batasan data.
Model data terbagi menjadi 2
         A.)Model Data Berbasis Objek
         B.)Model Data Berbasis Record

A.)Model Data Berbasis Objek
         Merupakan himpunan data dan prosedur/relasi yang menjelaskan hubungan logik antar data dalam suatu basis data berdasarkan pada objek datanya. Ada tiga macam jenis model data berbasis objek, yaitu :
         1. Entity Relation Model
         2. Semantik Model
         3. Binary Model

Entity Relational Model
         merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa real word terdiri dari objek–objek dasar yang mempunyai hubungan/kerelasian antar objek–objek dasar tersebut yang dilukiskan dengan menggunakan simbol–simbol grafis tertentu.
         Mengapa diperlukan model E-R  Model:
         Dapat menggambarkan hubungan antar entity dengan jelas.
         Dapat menggambarkan batasan jumlah entity dan partisipasi antar entity
         Mudah dimengerti oleh pemakai
         Mudah disajikan oleh perancang database.

Komponen–komponen yang terdapat di dalam Entity Relationship Model :

1.)Entity, adalah sesuatu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata di mana informasi yang berkaitan dengannya dikumpulkan.

2.)Relationship, adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity. Relationship tidak mempunyai keberadaan fisik, kecuali yang mewarisi hubungan antara entity tersebut.

3.)Atribut, adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail tentang suatu relationship tersebut.

4.)Indicator Tipe
A.Indicator tipe associative object, berfungsi sebagai suatu objek dan suatu relationship.
Indicator tipe associative object,
Menjadi
Indicator Tipe

B.Indicator tipe supertipe, terdiri dari suatu object dan satu subkategori atau lebih yang dihubungkan dengan satu relationship yang tidak bernama.
Keterangan :
Pegawai dikategorikan menjadi 2, yaitu :
pegawai harian
pegawai bulanan

5.)Cardinality Ratio atau Mapping Cardinality, adalah menjelaskan hubungan batasan jumlah keterhubungan satu entity dengan entity lainnya atau banyaknya entity yang bersesuaian dengan entity yang lain melalui relationship

Jenis Cardinality Ratio atau Mapping Cardinality
One to One (1:1),
adalah hubungan satu entity dengan satu entity Yang berarti setiap entitas pada himpunan X berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas Y dan begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas Y berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas X
One to One (1:1),

One to Many (1:N)
adalah hubungan satu entity dengan banyak entity. Yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas X berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas Y, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas Y berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas X.
One to Many  (1:N)

One to Many  (1:N)
Many to One (N:1),
adalah hubungan banyak entity dengan satu entity.
Yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas X berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas Y, tetapi tidak sebaliknya dimana setiap entitas pada himpunan Y berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas X

      Many to Many (N:N),
adalah hubungan banyak entity dengan banyak entity.
Yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas X dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas Y dan begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas Y dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas X.

Many to Many (N:N)

Semantik Model
Hampir sama dengan entity relationship model. Relasi antar objek dasar tidak dinyatakan dengan simbol tetapi menggunakan kata–kata (semantic). Sebagai contoh, dengan menggunakan relasi di bank X sebagaimana contoh sebelumnya, dalam semantic model adalah seperti terlihat pada gambar berikut :

Tanda – tanda yang digunakan dalam semantic model adalah sebagai berikut :
Menunjukkan adanya relasi ,,Menunjukkan atribut

Binary Model
merupakan model data yang memperluas definisi dari entity, bukan hanya atribut–atributnya tetapi juga tindakan–tindakannya.
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUERY DATA BASE

PERINTAH FUNGSI MAX, MIN, COUNT, SUM, & AVG

PERINTAH QUERY SELECT LIKE (PENCARIAN)